Berikut ini Cara Mengelola Keuangan Perusahaan dengan Baik

Pendahuluan

Dalam menjalankan bisnis sebuah perusahaan haruslah memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan benar, karena jika di perusahaan itu tidak adanya pengelolaan keuangan yang baik dan benar akan sulit bagi perusahaan untuk melihat posisi Perusahaan saat ini, apakah keuangan perusahaan baik? apakah perusahaan selalu mendapat keuntungan? Atau bahkan perusahaan megalami kerugian, karena itu perlu adanya pengelolaan keuangan dalam menjalankan perusahaan.

Bagi perusahaan sendiri baik itu perusahaan kecil, menengah atau bahkan perusahaan besar, penting adanya manajemen keuangan dalam perusahaan tersebut. Dengan adanya manjemen keuagan, perusahaan dapat melihat posisi keuangannya saat ini, dengan ini perusahaan juga dapat menarik para investor- investor agar mau memberikan modal untuk perusahaan tersebut.

Tips Mengelola Keuangan Perusahaan

 

Sumber Foto : Google

 

Jika manajemen keuangan perusahaan itu sangat lah baik, akan sangat memudahkan perushaan untuk menarik investor, karena usaha yang ditawarkan perusahaan sangat lah menjanjikan, peurusahaan juga akan lebih percaya diri dalam menjelaskan mengenai keuangan perusahaan kepada calon investor. Memang benar dalam mengelola keuangan perusahaan bukanlah hal yang mudah, butuh skill untuk dapat mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Jika anda ingin lebih mudah anda bisa mencari pekerja yang memang ahli dibidang keuangan, namun jika anda ingin mengelola keuangan perusahaan anda sendiri saya akan memberikan beberapa Tips Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan.

1. Tentukan Porsi Keuangan

Dalam mengelola keuangan anda bisa menentukan porsi keuangan anda seperti membagi total pemasukan kedalam beberapa pos seperti, membayar gaji, membayar hutang, membayar biaya operasional, untuk ditabung dan membayar biaya- biaya lainnya. Jadi tentukan berapa porsi yang akan dipakai untuk berbagai kebutuhan usaha Anda. Pembagian porsi ini harus disepakati di awal sehingga akan memudahkan pengelolaan keuangan saat tiba waktunya uang itu harus dibagi

 

2. Pisahkan Uang Pribadi Dengan Uang Perusahaan

Cobalah untuk tidak menganggap uang perusahaan merupakan uang pribadi anda yang bisa anda ambil sesuka hati. Anda harus bisa memisahkan antara uang pribadi dan uang perusahaan. Jika anda mencampur adukkan antara keuangan pribadi dengan uang perusahaan bisa berakibat besar karena akan mengganggu laju keuangan perusahaan yang anda jalankan. Menggabungkan keduanya juga akan mempersulit anda dalam membuat pembukuan keuangan anda. Jika Anda melakukan hal ini, maka bersiaplah untuk mengetahui bahwa keuangan perusahaan Anda tidak akan terkontrol. Bahkan hal ini bisa berakibat buruk pada perusahaan karena masalah tentang keuangan walau kecil tidak boleh dianggap remeh

 

3. Buat Pembukuan Yang Baik Dan Benar

Bagi perusahaan yang besar, penting untuk membuat pembukuan yang baik dan benar, karena perusahaan besar dijalankan secara professional dan oleh orang yang ahli dibidangnya sehingga mereka mengerti akan pentingnya sebuah pembukuan. Alangkah baiknya jika setiap pengeluaran ataupun pemasukan yang ada agar dicatat setiap harinya, sekecil apapun itu pengeluarannya akan lebih baik jika pengeluaran itu tetap dicatat, agar terlihat dengan jelas apa saja yang menyebebabkan uang berkurang atau pun bertambah. Dengan adanya pembukuan ini anda juga dapat melihat sendiri bagaimana keadaan keuangan perusahaan, apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau malah mengalami kerugian

 

4. Kurangi Resiko

Pengelolaan keuangan harus lah dijalankan secara professional, anda harus bisa meminimalisir resiko berupa meminjam hutang seperti kredit mikro atau lainnya yang bersifat utang. Dengan begitu, resiko ruginya bisnis Anda bisa terdeteksi dan bisa dihandle dengan baik.

 

5. Kontrol Kelancaran Kas

Terkahir yang tidak boleh dilewatkan adalah mengontrol arus laju kas agar tetap stabil. Arus kas merupakan pokok dari setiap metode pengelolaan keuangan perusahaan yang ada. Bahkan, untuk membuat dan memonitor arus kas perusahaan harus dilakukan secara professional.

Silahkan lakukan beberapa tips tersebut di atas sehingga Anda akan bisa mengelola keuangan perusahaan secara perlahan tapi pasti. Selain itu, tetap konsisten dan disiplin untuk tetap menjaga dan melakukan hal-hal atau tips diatas.

 

Penutup

Itu dia bagaimana tips dan cara mengelola keuangan Perusahaan dengan baik. Siapa yang tahu, bisa saja di masa yang akan datang, saya dan kamu bisa memiliki Perusahaan sendiri, maka urusan mengelola keuangan bukan lah suatu hal yang menakutkan. Semoga bermanfaat.

 

Ditulis oleh :

Chairunnisa Simamora
S1 Manajemen Keuangan

Referensi :

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *