Fresh Graduate Starter Kit

Semangat pagi teman-teman!!

Apa kabar hari ini? Sehat kan?

Semoga tetap sehat dan semangat yaa..

Anyway, buat teman-teman yang baru wisuda kemarin, Congratulation yaa. Semoga cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan!! Aamiin.

Buat yang belum, mungkin sekarang sedang coba melamar ke perusahaan-perusahaan yang dituju. Sebagai “fresh graduate” pastinya saat ini sedang semangat semangatnya untuk apply dan menunggu undangan interview kerja.

Nah, sebagai seorang Fresh Graduate, apa aja nih yang perlu kamu siapin sebelum melamar kerja? Yuk simak artikel berikut ini..

Siapkan CV terbaikmu!

First thing first, yang paling pertama kamu harus siapkan adalah Curriculum Vitae (CV). Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan CV. Curriculum Vitae merupakan daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainnya.

Buatlah CV semenarik mungkin. Untuk referensi desain CV yang menarik, teman-teman dapat mengunduh aplikasi desain CV seperti Canva atau Zapmeta. Dengan banyak fitur dan pilihan template, aplikasi-aplikasi ini memberikan kita kesempatan untuk menulis CV dengan desain yang menarik dan up to date. Yuk cobain desain CV mu sendiri!!

Cari Lowongan Kerja online maupun offline

Setelah siapin CV terbaik, saatnya mulai membidik perusahaan-perusahaan pilihan teman-teman nih.

Perusahaan-perusahaan biasanya open vacancy dengan ketentuan mengantar berkas lamaran langsung ke kantor, namun menyesuaikan dengan pandemi ini, perusahaan-perusahaan cenderung menggunakan sistem online. Pelamar kerja biasanya disarankan untuk mengirim berkas lamaran via email atau mengisi formulir secara online.

Selain itu, perusahaan juga membuka rekrutmen melalui aplikasi online. Adapun diantaranya adalah Jobstreet, Jobs.id, Kalibrr, LinkedIn, dan masih banyak lagi. Teman-teman cukup mengisi data diri yang lengkap di akun, kemudian lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti CV, sertifikat keahlian dan sejenisnya kemudian teman-teman dapat langsung melamar kerja ke perusahaan yang dituju.

Nah itu dia Fresh Graduate Starter Kit yang mungkin bisa teman-teman gunakan sebagai referensi.

Semoga informasi ini dapat membantu. Have a good day!!

Cheers,

Sakinah/PR

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *