RAHASIA SUKSES MEMASARKAN PRODUK DI MARKETPLACE

ANYEONGG ….. HI ! …

Sebelumnya kenalan yuk–
tak kenal maka tak sayang. Tak sayang  maka tak cinta, tak cinta maka tak nikah-nikah . haa!! Iya bener loo .  So, kenalan KUY!!

Namaku Safitri Ayu , biar singkat dan jelas panggil aja AYU. Aku adalah Mahasiswi jurusan Manajemen Pemasaran di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan.
Aku suka menulis, tulisan ini berdasarkan dengan jurusan

yang aku pelajari di dunia perkuliahan. So, untuk kamu yang membutuhkan informasi ini semoga bermanfaat yahhh

kalau ada kata “RAHASIA” apa yang terlintas pertama kali dibenak kamu guyss??
So pasti, aku dan kamu satu pemikiran dong! Bukan satu hati loh yaaa hahaha…

Sesuai judul artikel yang aku tulis, pasti kamu kepo kan apa “RAHASIA” nya??? Lets start !! yuk kita bahas… tapi ingetlohh jangan pelit ilmu hehe .. so, setelah kamu baca tulisanku semoga kamu bisa kasi ke orang-orang kembali biar pahalanya ngalir guyss hehehehe 😀

Apa itu Marketplace?

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Sebenarnya online marketplace memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka adalah menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih simpel dan mudah. Transaksinya sendiri memang diatur oleh marketplacenya. Kemudian setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli.

 

Mengapa Marketplace terkenal?

Salah satu alasan mengapa marketplace terkenal adalah karena kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan. Banyak yang menggambarkan online marketplace seperti department store.

 

Perkembangan Marketplace

Pertama kali marketplace mulai menjadi popular pada tahun 1995. Pada tahun itu, Amazon dan eBay mulai terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Di tahun itu juga sebuah bank di Amerika bernama The Presidential Bank meluncurkan online banking pertama. Pada tahun 1998, PayPal diluncurkan dan memberi kemudahan lebih banyak untuk transaksi online. Di Asia sendiri, Jack Ma meluncurkan Alibaba di China pada tahun 1999.

Sudah lewat dua dekade dan industri marketplace terus berkembang. Sekarang, Anda bisa menemukan banyak marketplace untuk berbagai kategori; mulai dari baju sampai bahan kerajinan. Di Indonesia sendiri, kita sudah memiliki beberapa marketplace lokal terkenal seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kedua marketplace ini sudah sangat sukses di Indonesia sampai mereka menjadi 2 dari 4 Startup Unicorn di Indonesia.

 

3 “RAHASIA SUKSES” MEMASARKAN PRODUK DI MARKETPLACE

 

Riset Market dan Kenali

menemukan insights untuk lebih mengenal siapa pembeli kamu. Pertama, carilah tempat di mana kamu bisa menemukan paling banyak informasi: lapak sendiri. Pembeli yang berminat dengan produk kamu pasti akan bertanya terlebih dahulu di kolom pertanyaan atau direct message. Di sini kamu akan bisa mengetahui produk mana yang paling dicari oleh pembeli dan varian mana yang mereka minati.

Kemudian, kamu juga bisa mengkurasi feedback dari pembeli melalui kolom ulasan di lapakmu. Apa kata mereka yang sudah membeli di lapakmu? Bagaimana mereka menilai pelayananmu? Bagaimana kualitas produk yang kamu tawarkan? Setiap input yang diberikan akan mempermudah kamu untuk menilai performa toko dan mendapatkan gambaran dari siapa saja pembelimu.

Setelah mengenal siapa saja pembelimu, sesuaikan kegiatan dan promosi brands dengan segmen pembeli. Buat promo khusus pada saat hari-hari khusus seperti Valentine’s, libur sekolah atau musim liga sepakbola. Jangan lupa juga untuk merespon ke setiap pertanyaan, review, kritik, saran, maupun komplain pembeli. Komunikasi yang baik akan membantu kamu bertukar informasi dengan pembeli sekaligus menjaga relasi, yang berujung pada repeat order.

Menyusun List dan Katalog Produk

Produk yang kamu jajakan di marketplace akan dilihat oleh banyak calon pembeli, sehingga kamu perlu mengoptimalkan katalog produk di lapak kamu. Ada banyak elemen yang bisa kamu kembangkan, seperti penulisan nama produk, deskripsi toko, deskripsi produk, foto produk, dan tampilan visual keseluruhan lapak kamu (display picture, banner, estetika foto). Namun itu saja tidak cukup, karena ada banyak hal teknis yang perlu kamu perhatikan juga.

Pertama, etalase toko. Pastikan pembeli yang mampir ke lapak kamu bisa menemukan produk yang mereka inginkan dengan mudah. Susunlah produk-produkmu di etalase dan kategori yang sesuai sekaligus terorganisir. Kemudian, pastikan kamu tidak memberikan informasi yang keliru dari produk yang kamu jual. Informasi yang simpang siur atau salah tentang produk akan mengecewakan dan mengurangi kemungkinan repeat order. Kamu juga perlu meng-highlight fitur-fitur atau keunggulan utama produk kamu di kolom deskripsi; lengkap dengan cara dan batas penggunaannya.

Marketing yang Efisien

Sebelum mulai memilih tools untuk memasarkan produk jualan kamu, ada baiknya kamu menganalisa dulu tujuan marketing-mu. Jika tujuanmu adalah meningkatkan penjualan, maka kamu bisa memanfaatkan marketing tools dalam platform marketplace. Setiap platform memiliki tools yang mendukung penjualan sellers, seperti TopAds dari Tokopedia. Adapula sistem keanggotaan di marketplace seperti Star Seller dari Shopee dan Power Merchant dari Tokopedia yang dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti flash sale, tambahan kredit, dan etalase toko.

Setiap fitur ini dapat membantu lapak kamu untuk menjual lebih banyak. Misalnya, jika menjadi Power Merchant Tokopedia, kamu bisa mendapatkan 200 etalase untuk menyortir produk dan memasang banner di laman tokomu. Selain mempermudah pembeli untuk membeli di lapak kamu, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dengan memasang banner! Namun setiap marketplace memiliki fitur dan kebijakan masing-masing, jadi pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu.

Kamu juga bisa mendaftar sebagai Official Store di marketplaceOfficial Store juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan memudahkan pembeli untuk menemukan lapak kamu di marketplaceSIRCLO Commerce mampu menjadi solusi berjualan online-kamu di banyak marketplace sebagai toko resmi. dengan teknologi untuk sinkronisasi stok, SIRCLO Commerce memberikan layanan end-to-end, mulai dari manajemen gudang, pengelolaan pesanan, layanan pelanggan, hingga pengiriman barang sampai ke tempat tujuan.

Penutup

Nahhh, informasi diatas adalah sekian dari beberapa informasi yang Ayu share untuk materi MarketPlace. Untuk kamu yang berjualan di MarketPlace atau yang sudah komitmen berjualan didalamnya harapnya bisa bermanfaat untuk meningkatkan penjualan kalian guysss… So Happyyy can share this article for u guyss…
stay tune terus yah di artikel Ayu , dan sampai jumpa lagi di artikel yang berikutnyaaaa…
byeee , sarangheo

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *