Tips Memasarkan Produk Secara Online

Hi guys, memilih jurusan pemasaran? Wah keren dong, karna jurusan ini akan membahas luas dalam bidang marketingnya. Buat usaha udah enggak ragu-ragu lagi deh. Kamu punya kesempatan untuk asah bakat kamu yang suka berbisnis jadi makin jago bisnisnya. Dan kali ini mimin bakalan kasih tau ilmu yang udah mimin pelajari dijurusan pemasaran ini, yaitu Tips Memasarkan Produk Secara Online.

Pendahuluan

Pemasaran produk secara online di zaman sekarang ini sangatlah dibutuhkan dalam mempertahankan usaha dan berpengaruh pada masa usaha tersebut. Salah satu penyebab utama kenapa banyak pebisnis gulung tikar adalah kurangnya dana untuk menjalankan usaha tersebut dan kurang up to date.

Pemasaran produk yang baik yaitu yang mampu melihat peluang dan apa yang dibutuhkan oleh banyak orang pada zamannya. Pemasaran yang tidak monoton pada cara itu-itu saja. Memasarkan produk secara online juga bisa menjadi alternatif berpeluang besar di era digital saat ini. Konsumen juga semakin tertarik untuk menemukan dan mencari produk maupun jasa secara online dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Lalu seperti apa dan bagaimana Tips Memasarkan Usaha Secara Online dengan benar dan tepat sasaran ? Berikut ini beberapa tips nya yang akan aku kasi tau sama kalian semua ya.

 

Tips Memasarkan Produk Secara Online

 

Sumber Foto : Google

 

Seperti yang udah aku janjikan diatas, ini dia beberapa tips pemasaran yang bisa kita lakukan dengan cara online. Dari sekian banyak tips, aku rangkum jadi beberapa bagian yang penting, seperti :

 

1. Tetapkan Produk

ebelum lanjut pada tahan pemasarannya, ada baiknya tetapkan produk yang sesuai lalu buat strategi pemasaran yang tepat. Jika produk adalah hasil produk sendiri maka kamu bisa menghitung jumlah barang yang akan dijual setiap minggu atau bulannya. Kemudian, dalam strategi pemasaran kamu juga harus menentukan kemana segmen penjualan produk yang akan dijual tersebut

 

2. Kenali Kebutuhan Pasar

Melakukan riset pasar sangatlah penting agar dapat mengenali kebutuhan pasar. Lakukan riset dengan detail bagaimana pasar bekerja, dan coba cari tahu kebutuhan pasar. Cara yang paling sederhana adalah dengan bertanya langsung pada konsumen ataupun membuat quisioner, maka kamu langsung bisa tahu masalah apa yang bisa kamu selesaikan.

 

3.Membuat Toko Online

Toko online udah banyak dimana-mana, kamu jangan ketinggalan untuk join dijejaring sosial media, seperti facebook, instagram, twitter, website, dan lainnya. Hal ini membantu kamu untuk menarik pengunjung yang datang ke toko online kamu. Jika para pengunjung tertarik dengan produk yang kamu posting, maka secara otomatis mereka akan menelpon ke nomor kontak yang telah kamu cantumkan di toko online.

 

4. Promosi di Forum Jual Beli

Aktif mempromosikan produk di forum-forum jual beli. Tampilkan dengan jelas di forum jual beli tersebut bahwa kamu selling online yang menjual produk secara online. Jika perlu, kamu sertakan link toko onlline miliki kamu dengan mudah. Namun, ada baiknya memperhatikan etika bisnis dalam menulis serta berdiskusi di forum jual beli online.

 

5. Pelayanan Maksimal

Memberikan pelayanan secara maksimal kepada calon konsumen. Cara melayani konsumen secara online tidak jauh berbeda dengan berjualan secara online tidak jauh berbeda dengan berjualan secara offline dimana penjual harus bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pada calon pelanggan. Jika ada calon konsumen yang menelepon, sebisa mungkin berikan penjelasan dengan jelas, santun dan tidak berbelit-belit. Dan jangan lupa mudahkan konsumen dalam bertransaksi dengan aman.

 

6. Promosi dengan Iklan Akun Online

Manfaatkan lah tools yang ada pada  dimedia sosial. Media sosial yang sekarang ini dinilai cukup efektif dan responsif adalah instagram, facebook, youtube dan tiktok. Pastikan kamu akan mendapatkan calon pelanggan sesuai dengan target yang kamu bidik. Sasaran atau calon pelanggan dapat kamu pilih katregorinya sesuai target pasarnya produk kamu. Dengan begitu kamu bisa mengatur budget sesuai dengan kebutuhan dan bisa atur kapan saja waktu tayangnya.

Penutup

Itulah tips untuk kamu memasarkan produk secara online yang bisa dijalankan oleh para pemula agar produk yang dijual bisa laku keras di pasaran. Semoga tips dari mimin bermanfaat ya.. So jangan bingung lagi untuk kamu yang mau memulainya. Semangat !

 

Ditulis oleh :
Sastri Seruni
S1 Manajemen Pemasaran

Sumber : Redaksi BisnisUKM

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *