Yuk Kenali lebih dalam Apa itu Manajemen Keuangan

Pembuka

Hallo guys pada penulisan kali ini saya akan membahas tentang manajemen keuangan, manajemen sendiri adalah suatu ilmu dan seni dalam menjalankan aktivitas dalam suatu organisasi. Seperti yang kita ketauhui jurusan manajemen adalah jurusan yang popular di universitas. Namun banyak juga yang tidak begitu mengetaui tentang jurusan itu, malah  masih banyak yang bingung perbedaan manajemen keuangan, manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen dll. Untuk itu saya akan menjelaskan apap itu manajemen.

 

Pengertian Manajemen Keuangan

 

 

Menurut Bambang Riyanto, pengertian manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan, serta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

 

Fungsi Manajemen Keuangan

  1. Perencanaan Keungan

Manager keuangan bertanggung jawab dalam merencanakan dan memperkirakan kebutuhan bisnis. Dia perlu membuat perincian dana yang dibutuhkan untuk membeli aset ataupun membayar hutang. agar keuangan perusahaan berjalan dengan baik.

  1. Investasi Dana

Manajer keuangan harus memastikan bahwa dana yang tersedia untuk bisnis digunakan secara memadai untuk menumbuhkan bisnis. Biaya untuk memperoleh dana dan nilai pengembalian harus selalu dibandingkan dan seimbang. Manajer keuangan juga perlu melihat lini bisnis yang menghasilkan pengembalian lebih tinggi dan memperbaiki lini bisnis yang mengalami penurunan performa.

  1. Pertahankan Likuiditas yang Tepat

Kas adalah sumber terbaik untuk menjaga likuiditas. Bisnis mengharuskannya untuk membeli bahan baku, membayar gaji dan menangani kebutuhan keuangan lainnya dari perusahaan. Namun, manajer keuangan harus menentukan apakah ada permintaan untuk aset likuid. Dia juga harus mengatur aset-aset ini sedemikian rupa sehingga bisnis tidak akan mengalami kelangkaan dana.

 

Ruang Lingkup pada Manajemen Keuangan

  1. Keputusan investasi

Termasuk investasi dalam aset tetap (disebut penganggaran modal). Investasi dalam aset lancar juga merupakan bagian dari keputusan investasi yang disebut sebagai keputusan modal kerja.

  1. Keputusan keuangan

hal ini berhubungan dengan peningkatan keuangan dari berbagai sumber daya yang akan tergantung pada keputusan tentang jenis sumber, periode pembiayaan, biaya pembiayaan dan pengembaliannya.

  1. Keputusan dividen

Manajer keuangan harus mengambil keputusan sehubungan dengan distribusi laba bersih. Laba bersih umumnya dibagi menjadi dua:

  • Dividen untuk pemegang saham – Dividen dan persentase pembagiaannya harus diputuskan.
  • Saldo laba – Jumlah laba ditahan harus disesuaikan karena ini akan bergantung pada rencana ekspansi dan diversifikasi perusahaan.

Penutup

Untuk menghilangkan segala bentuk penghalang yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis, perusahaan harus memastikan bahwa mekanisme sistem manajemen ini telah diterapkan dengan baik. Salah satu solusinya adalah menggunakan software akuntansi yang mampu membuat laporan keuangan dengan mudah, tepat, dan cepat. Untuk itu seoran manager keunaga akan meminta data dari staf accounting. Sekian tulisan saya saat ini, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

 

Ditulis oleh :
Victorianta Br Tarigan
S1 Manajemen Keuangan

Sumber : Wikipedia

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *